Pelatihan Penyusunan Soal – Soal Berbasis OSN

Guru SMANTA Ikuti Pelatihan Penyusunan Soal - Soal Berbasis OSN - smanta_20160916_074348.jpg

SEBANYAK 26 guru matematika dari 13 SMA Negeri yang ada di Kota Palembang, mengikuti kegiatan pelatihan penyusunan soal – soal berbasis Olimpiade Sains Nasional (OSN) bagi guru – guru matematika SMA Negeri di Kota Palembang di Aula FKIP Universitas Sriwijaya Palembang. (Rabu, 14/9/2016).

Ketua pelaksana kegiatan, Dr. Nyimas Aisyah, M.Pd, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program pengabdian masyarakat yang harus dilakukan dosen dengan tujuan untuk menambah pengetahuan guru tentang soal – soal berbasis OSN sehingga guru – guru dapat membiasakan memberi soal tersebut kepada siswa.

Hal senada juga disampaikan oleh Dr. Hartono yang membuka kegiatan tersebut. Beliau mengatakan bahwa soal – soal OSN adalah soal berbasis masalah dan bertipe Higher Order Thinking (HOT) yang harus diberikan guru kepada siswa setiap hari bukan pada saat akan lomba saja, sehingga siswa menjadi terbiasa dan hal ini harus di mulai oleh guru – gurunya. Jadi kegiatan ini sangat penting untuk membantu guru – guru tersebut.

TIM PENGEMBANG KURIKULUM

Pengembangan kurikulum di prodi pendidikan matematika yang memiliki visi pada tahun 2025 menjadi lembaga pendidikan terkemuka yang unggul di Indonesia dalam pengembangan SDM  dan inovasi dalam pembelajaran matematika berbasis penelitian, harus mencerminkan visi tersebut.

Terkemuka dan unggul menjadi spirit yang mendasari kajian terhadap berbagai landasan pengembangan kurikulum, yang antara lain, mencakup sisi landasan: (1) filosofis, akademis, pedagogis, teoritis, serta yuridis yang termuat dalam konsep Re-desain untuk program studi kependidikan; serta (2) kajian empiris melalui analisis kebutuhan (need analysis) agar diperoleh hasil pengembangan kurikulum yang lebih relevan dengan kebutuhan masyarakat. Continue reading