Seminar Usul Penelitian

Presentasi Mahasiswa dalam  Seminar Usul Penelitian 2016

Presentasi Mahasiswa dalam Seminar Usul Penelitian 2016

Seminar Usul Penelitian merupakan salah satu mata kuliah semester 6. Mata kuliah ini akan mengantarkan mahasiswa untuk memahami dan mengkaji berbagai hal dalam teknik menyusun dan menyajikan karya ilmiah (Skripsi). Skripsi adalah karya tulis ilmiah yang dibuat mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan studi yang ditempuh. Skripsi merupakan syarat untuk menyelesaikan Program Sarjana (S1).  Penulisan skripsi merupakan tugas akademik yang harus dipenuhi mahasiswa dalam masa studinya. Karena syarat untuk mengambil Skripsi merupakan telah melaksanakan Seminar Usul Penelitian maka pada mata kuliah ini mahasiswa akan dibimbing dalam penyusunan usul penelitian skripsi, berupa :

1. BAB I Pendahuluan

2. BAB 2 Kajian Pustaka

3. BAB 3 Metode Penelitian

Pengalaman belajar yang menunjang pencapaian kompetensi yang diharapkan tersebut diatas, mahasiswa harus banyak latihan menyusun karya ilmiah dengan mengkaji berbagai sumber, seperti buku materi pokok (BMP) dan referensi lain yang berhubungan dengan penulisan karya ilmiah, serta menggunakan prinsip-prinsip penulisan yang baik. Materi yang disajikan dalam mata kuliah ini, mencakup tentang hakikat dan karakteristik karya ilmiah, prinsip-prinsip penciptaan karya ilmiah, dan teknik menyusun karya ilmiah, serta menyajikan karya ilmiah baik secara tertulis maupun secara lisan yang efektif. Dengan berjalannya proses perkuliahan, mahasiswa diharapkan telah melaksanakan bimbingan judul yang akan di ambil pada 2 Dosen Pembimbing masing-masing. Sehingga pada akhir perkuliahan Mahasiswa akan menghasilkan makalah usul judul penelitian yang telah divalidasi oleh kedua Dosen Pembimbing.

Prosedur mengajukan izin pemaparan judul di forum seminar adalah sebagai berikut:

  1. Mahasiswa mengajukan Surat Proposal Usul Judul tanda disetujuinya judul yang diambil pada kedua Dosen pembimbing.
  2. Mahasiswa mengajukan Surat Izin Seminar Usul Penelitian pada Ketua Program Studi dengan melampirkan Surat Proposal Usul Judul, dan  print out makalah usul judul penelitian yang terdiri dari 3 BAB dan daftar pustaka.
  3. Berkas (1&2) diajukan pada Admin Program Studi, untuk mendapatkan SK seminar usul penelitian beserta nama-nama Dosen Penguji.
  4. Bagi mahasiswa yang tidak mendapatkan Surat Persetujuan Seminar Usul Penelitian pada semester 6, mahasiswa masih dapat mengajukan seminar pada semester berikutnya dengan catatan sudah mendapatkan Surat Persetujuan Seminar Usul Penelitian.

Peserta seminar adalah mahasiswa penyaji dan Tim Seminar Usulan Penelitian yang terdiri atas Dosen Pembimbing, Dosen Penguji, moderator, dan notulis. Syarat berjalannya seminar adalah kehadiran 3 Dosen Penguji, dan sekurang-kurangnya kehadiran salah satu dari dosen pembimbing. Mahasiswa dinyatakan lulus seminar usul penelitian apabila sekurang-kurangnya memperoleh nilai C.

Contoh Surat Usul Proposal Usul Judul dan Surat Izin Seminar Usul  Penelitian

File-file yang dibutuhkan dalam Seminar:

  1. Daftar Dosen yang diundang dalam Seminar
  2. Daftar hadir Dosen Penguji
  3. Daftar hadir Mahasiswa
  4. Form Penilaian Proposal
  5. Form Rekapitulasi Nilai ujian Seminar Usul Penelitian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>