Profil Prodi S-3

V I S I

Unggul di level nasional dan mampu berkompetisi secara internasional dalam penelitian bidang pendidikan matematika tahun 2025.

M I S I

Misi Program Studi Doktor Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sriwijaya adalah sebagai berikut:

  1. menyelenggarakan kegiatan pendidikan dalam Pendidikan Matematika untuk menghasilkan lulusan yang mampu berfikir kritis untuk memecahkan masalah dalam pendidikan matematika
  2. menyelenggarakan kegiatan penelitian dalam rangka menemukan konsep/teori baru bidang pendidikan matematika serta mempublikasikan temuannya pada konferensi nasional/internasional dan jurnal nasional terakreditasi atau internasional bereputasi
  3. menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif sebagai bentuk diseminasi pengembangan dan kebaruan ilmu pendidikan matematika yang berorientasi pada perbaikan mutu pendidikan sesuai perkembangan dan kebutuhan masyarakat
  4. dan menjalin kerjasama dengan stakeholders dan program doktor pada universitas lain baik di dalam negeri maupun luar negeri

 

T U J U A N

Tujuan penyelenggaraan Program Studi Doktor Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sriwijaya adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang dapat menjadi peneliti professional yang mandiri dalam bidang pendidikan matematika
  2. Menghasilkan lulusan yang dapat melakukan inovasi dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran matematika
  3. Menghasilkan lulusan yang dapat membimbing penelitian mahasiswa pada semua jenjang pendidikan tinggi bagi yang berkarir menjadi dosen
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu memimpin suatu kegiatan penelitian dalam bidang pendidikan matematika.

 

P R O F I L  L U L U S A N

Profil Lulusan Program Studi Doktor Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sriwijaya adalah peneliti profesional, desainer dan inovator pembelajaran, pendidik matematika pada semua level pendidikan didik Matematika di tingkat dasar, menengah, dan tinggi serta manajer penelitian pendidikan matematika yang memiliki kompetensi pengetahuan, sikap dan ketrampilan minimal.

 

Pengetahuan

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni pendidikan Matematika atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  2. Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni pendidikan Matematika melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
  3. Mampu mengelola riset pendidikan Matematika dan pengembangan pendidikan Matematika yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional.

 

Sikap

Memiliki etika ilmiah dan mampu mengembangkan nilai-nilai kepribadian melalui pembelajaran Matematika

 

Keterampilan

Menemukan, mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat pendidikan matematika