Sejarah Program Studi

Sejarah Singkat
Program Studi Pendidikan Matematika
FKIP Universitas Sriwijaya

Program studi pendidikan matematika (pada awal namanya Jurusan Ilmu Pasti & Alam) FKIP Universitas Sriwijaya didirikan pada tahun 1961, dengan jumlah dosen Ilmu Pasti pada saat itu hanya dua orang, yaitu bapak R. M. Akil, kepala SMA Negeri 1 Palembang dan bapak Amir Hamzah kepala STM Negeri Palembang. Beliau berdua adalah lulusan B2 Ilmu Pasti (setara srjana). Pada tahun 1963 datang bapak Selamet Sukaeni, juga lulusan B2 Ilmu Pasti, dengan status sebagai dosen tetap (pada tahun 1967 beliau pindah tugas ke Semarang).

Mahasiswa angkatan pertama (1961) berjumlah 24 orang, sebagian besar lulusan SMA B, STM, SGA, dan PGSLP. Dari jumlah itu yang berhasul lulus sarjana muda (dengan gelar BA) hanya 11 orang, empat orang lululs tahun 1964, dan tujuh orang lulus tahun 1965 (yang lainnya drop out). Kesebelas orang lulusan angkatan pertama ini ijazah mereka diterbitkan oleh IKIP Bandung, karena dari tahun 1963 sampai dengan tahun 1966 status FKIP Universitas Sriwijaya (karena situasi politik saat itu berubah menjadi IKIP Bandung cabang Palembang).

Empat orang lulusan pertama itu yakni Mahyudin KR, Nasaruddin, Daeran, dan Ismail Sul langsung diusulkan menjadi asisten/tenaga pengajar tetap, sehingga pada tahun 1965 jumlah tenaga pengajar tetap menjadi lima orang, dan dosen luar biasa (tidak tetap) ada tiga orang, yaitu bapak R. M. Akil, Drs. Nursinggih, dan Drs. Sunarto.

Untuk meningkatkan kompetensi para asisten tersebut kemudian secara bergilir mereka mendapat tugas belajar ke IKIP Bandung. Mahyudin KR berangkat tahun 1965 dan lulus sarjana (Drs) tahun 1968, Nasaruddin dan Daeran berangkat tahun 1967 dan lulus sarjana tahun 1969 (Drs. Nasaruddin meninggal dunia tahun 1971 karena sakit). Kemudian Ismail Sul berangkat tahun 1967 dan lulus sarjana tahun 1972.

Pada tahun 1968 ada tambahan tiga orang dosen tetap alumni IKIP Bandung, yaitu Drs. Chaidir Hakam, Dra. Rosma dan Dra. Asni Nuriyas. Sementara itu tiga orang alumni sarjana muda yang lulus tahun 1965 menyusul diangkat menjadi asisten tetap, yaitu Zainal Abidin Ali pada tahun 1971, Muchtar Ali dan Saliha Saleh pada tahun 1974, ketiga orang ini menyelesaikan studi sarjananya di FKIP Universitas Sriwijaya pada tahun 1974. Dengan demikian pada tahun 1975 program studi pendidikan matematika FKIP Universitas Sriwijaya telah memiliki dosen tetap dengan latar belakang pendidikan sarjana sebanyak 9 orang.

Sejak awal berdirinya sampai saat ini (2017) program studi pendidikan matematika FKIP Universitas Sriwijaya telah memiliki 14 orang dosen tetap dan 4 orang dosen tidak tetap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>